Final Project PBKK (A) 2023

 

Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja - Final Project


1. Buatlah deskripsi studi kasus aplikasi ditinjau dari MVC nya! 

Referensi


"SISTEM INFORMASI PENJUALAN KARTU UNDANGAN BERBASIS WEB"

Deskripsi Aplikasi:

Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan proses penjualan dan manajemen desain undangan, brosur, dan poster. Para pelanggan dapat menjelajahi berbagai desain yang tersedia, melakukan pemesanan, dan mengelola proyek desain mereka. Sementara itu, tim kreatif dapat mengelola katalog desain, memesan bahan, dan melacak pesanan.


Model:

1.  Design Model:

   - Menyimpan informasi tentang setiap desain, termasuk judul, kategori, dan harga.

   - Menangani logika bisnis terkait desain, seperti menghitung harga total pesanan.


2.  Order Model:

   - Merepresentasikan informasi tentang pesanan yang dilakukan oleh pelanggan, termasuk desain yang dipilih, jumlah, dan status pesanan.

   - Berinteraksi dengan database untuk menyimpan data pesanan.


3.  User Model:

   - Menangani informasi pengguna, seperti nama, alamat, dan riwayat pembelian.

   - Menangani otentikasi dan otorisasi pengguna.


View:

1.  Catalog View:

   - Menampilkan katalog desain dengan gambar dan informasi terkait.

   - Memungkinkan pelanggan untuk menjelajahi desain berdasarkan kategori atau kata kunci.


2.  Order Form View: 

   - Menyediakan formulir pemesanan yang memungkinkan pelanggan memilih desain, menentukan jumlah, dan memberikan informasi pengiriman.


3.  User Dashboard View:

   - Memberikan antarmuka bagi pengguna terdaftar untuk melihat riwayat pesanan, mengelola akun, dan melacak status proyek desain mereka.


4.  Admin Dashboard View:

   - Memberikan alat kepada tim kreatif untuk mengelola katalog desain, melihat pesanan yang masuk, dan mengatur status proyek.


Controller:

1.  Catalog Controller:

   - Menanggapi permintaan terkait katalog desain.

   - Meminta data dari Model Design dan mengirimkannya ke tampilan yang sesuai.


2.  Order Controller:

   - Menanggapi permintaan pemesanan dan proses pembayaran.

   - Berinteraksi dengan Model Order untuk menyimpan informasi pesanan.


3.  User Controller:

   - Menanggapi permintaan terkait akun pengguna, seperti pendaftaran dan login.

   - Mengelola otentikasi pengguna dan akses ke informasi pribadi.


4.  Admin Controller:

   - Menanggapi permintaan terkait manajemen katalog desain dan pesanan.

   - Berinteraksi dengan Model Design dan Model Order untuk mengelola data.


Kesimpulan:

Aplikasi ini menggunakan pendekatan Model-View-Controller (MVC) untuk memisahkan tanggung jawab dan memastikan struktur yang terorganisir. Ini memungkinkan pengembang dan desainer untuk bekerja bersama secara efisien, dan memberikan pengalaman pengguna yang baik kepada pelanggan yang ingin membuat dan memesan desain undangan, brosur, dan poster.


2. Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi 

1.  Manajemen Produk:

   - Katalog desain dengan spesifikasi lengkap.

   - Pencarian dan filter untuk kemudahan eksplorasi.


2.  Keranjang Belanja:

   - Penambahan dan pengelolaan desain di keranjang.

   - Penyesuaian jumlah produk yang mudah.


3.  Proses Checkout:

   - Pilihan metode pembayaran dan ringkasan pesanan.


4.   Riwayat Transaksi:

   - Melihat riwayat pembelian dan status pengiriman.

   - Konfirmasi email dan pembaruan status.


5.  Manajemen Stok:

   - Informasi real-time tentang stok produk.

   - Pembaruan otomatis dan notifikasi stok.




3. Rancang desain databasenya 



4. Buat desain front end 






5. Tentukan Control yang akan mengandle logika back end. 

1.  DesignController:

   - Menangani operasi terkait desain, termasuk menampilkan katalog desain, menambahkan desain baru, dan mengelola desain yang ada.

   - Berkomunikasi dengan Model Design untuk menyimpan dan mengambil data desain.


2.  OrderController:

   - Mengelola proses pemesanan, termasuk menerima pesanan baru, menghitung total harga, dan menyimpan informasi pesanan.

   - Berinteraksi dengan Model Order untuk menyimpan dan mengambil data pesanan.


3.  UserController:

   - Menangani operasi terkait pengguna, seperti pendaftaran, login, dan manajemen akun.

   - Mengelola otentikasi pengguna dan berinteraksi dengan Model User untuk menyimpan dan mengambil informasi pengguna.


4.  PaymentController:

   - Menangani logika pembayaran, seperti memproses pembayaran, menghitung total harga, dan mengirim konfirmasi pembayaran.

   - Berinteraksi dengan sistem pembayaran atau gateway pembayaran eksternal (jika digunakan).


5.  AdminController:

   - Menangani tugas administratif, seperti manajemen katalog desain, melihat pesanan yang masuk, dan mengelola status proyek.

   - Berkomunikasi dengan Model Design, Model Order, dan Model User sesuai kebutuhan.


6.  CategoryController: 

   - Menangani operasi terkait kategori desain, seperti menampilkan daftar kategori, menambahkan kategori baru, dan mengelola kategori yang ada.

   - Berinteraksi dengan Model Category untuk menyimpan dan mengambil data kategori.


7.  ProjectController:

   - Menangani logika terkait proyek desain pelanggan, seperti melihat status proyek, mengunggah materi proyek, dan berinteraksi dengan tim kreatif.

   - Berkomunikasi dengan Model Project untuk menyimpan dan mengambil data proyek.


8.  ReportController:

   - Menangani pembuatan laporan terkait penjualan, statistik desain yang paling diminati, dan data analitik lainnya.

   - Berinteraksi dengan Model Order, Model Design, dan Model lainnya untuk mengumpulkan data.


6. Implementasikan rancangan yang sudah dibuat  menggunakan Framework NET, CI ataupun Framework Google 


Github: Link

Youtube: 





Comments

Popular posts from this blog

ETS PWEB 2023

Final Project PWEB (B) 2023